4.28.2009

Apakah Saham Blue Chips itu?

.

Buat pemain baru seperti aku sangat bermanfaat bisa bisa mengerti kriteria saham yang bagus untuk di beli dalam bursa saham yang secara online bisa di ikuti setiap saat di manapun kita bisa berkoneksi dengan internet. Memang dibutuhkan wawasan yang luas perihal ciri saham yang lebih bagusnya kita beli atau tidak kita beli, yang selain hanya berdasar pada fondamental perusahan yang menjual sahamnya di BEI. Lha di sini aku hanya ingin sekedar berbagi informasi buat sobat atau para pemain saham baru seperti aku ini, gak ada salahnya to kalau sekedar berbagi informasi...Karena aku termasuk yang kurang berhasil dalam permainan ini, karena sebagian kecil investor masih ada yang menganggap bahwa saham blue chips jaminan mutu: tidak bakal rugi apabila dibeli

Saham blue chips memang senantiasa menjadi barang dagangan yang favorit di bursa efek. Ia ibarat barang dagangan dengan kualitas prima, sehingga banyak orang yang menyukai. Makanya saham blue chips selalu mudah dilempar ke pasar karena peminatnya besar.

Saham blue chips bukanlah saham yang berharga mahal Rp4.000, Rp5.000 atau di atasnya. Ini penting untuk dipahami karena selama ini ada kesan seolah-olah saham yang harganya mahal merupakan ciri utama saham blue chips. Tidak selalu saham yang harganya mahal masuk kategori saham blue chips. Ada banyak contoh untuk itu.

Sebagai ilustrasi, misalnya saham PT ABC diperdagangkan di Rp4.000. Di sisi lain, kinerja dari PT ABC dari tahun ke tahun hanya mampu menghasilkan laba bersih per saham (earning per share -- EPS) sekira Rp40 per saham. Itu berarti jika dihitung, price earning rasio dari PT ABC adalah 4.000/40 yakni mencapai 100 kali. Dengan PER sebesar 100 kali, maka harga saham Rp4.000 bisa dinilai terlalu mahal dan tidak reasonable. Saham seperti ini jelas tidak termasuk kategori saham blue chips.

Dari ilustrasi di atas tampak sekali bahwa saham yang harganya tinggi, belum tentu masuk ke dalam kategori saham blue chips. Tapi pada umumnya, saham blue chips memang seringkali mempunyai harga yang tinggi. Ini bisa dimaklumi mengingat pihak yang berminat memiliki cukup banyak.

Umumnya saham blue chips memiliki ciri sebagai berikut: Kinerja keuangannya sehat, artinya dalam kondisi ekonomi normal dan stabil selalu mencatat pertumbuhan laba bersih dari tahun ke tahun, membagikan dividen kepada pemegang saham, jumlah saham yang beredar di masyarakat (floating share) tinggi sehingga likuiditas saham di pasar juga tinggi, ditransaksikan pada harga yang wajar, pergerakan atau fluktuasi harga saham di pasar berlangsung secara wajar, tidak melompat-lompat dan manajemen dikelola secara profesional (bukan manajemen keluarga). Ciri seperti ini yang membuat pelaku pasar senantiasa memburu saham-saham blue chips.

Namun begitu, harus dipahami bahwa yang namanya pasar tetap saja pasar. Harga selalu berubah sesuai penawaran dan permintaan. Kendati saham blue chips, tapi harganya bisa naik dan bisa juga turun, tergantung situasi pasar saat itu. Jika Anda melakukan transaksi harian (daily trading) jangan diartikan saham blue chips selalu memberikan capital gain. Tapi jika Anda memiliki horizon investasi yang cukup panjang, saham blue chips biasanya selalu memberikan gain kepada pemiliknya

4 komentar:

anak nelayan mengatakan...

baru denger sob tak menyimak dolo

http://kandangsaya.blogspot.com mengatakan...

saya sampai skrg pengen bgt maen saham.. tapi ga ada modal.. dan kurang pengetahuan.. apalagi masih ingusan kayak gini.

http://kandangsaya.blogspot.com

simpleinvest mengatakan...

list saham2 blue chip bis diliat dimana sih?

Yose Suparto mengatakan...

Penarikan paling Tercepat di DetikTrade
Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 menggunakan bank lokal

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal
3. Teregulasi di FCA UK
4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami www.detiktrade.com

Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
WA : 087752543745

Posting Komentar