3.05.2009

Bengawan Solo

.


Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum telah menganggarkan dana sebesar Rp 1,25 triliun untuk penanganan banjir di daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo. Hal tersebut dikatakan oleh Dirjen Sumber Daya Air DPU, Irwan Nusyirwan, dalam konferensi pers penanggulangan banjir DAS Bengawan Solo di Kantor DPU, Kamis (5/3).
Irwan mengatakan, anggaran tersebut difokuskan untuk perbaikan infrastruktur di DAS Bengawan Solo. Perbaikan infrastruktur tersebut termasuk perbaikan, pembangunan, dan peninggian tanggul yang ada di sekitar DAS Bengawan Solo. "Rencana jangka menengah kita adalah membangun dan memperbaiki tanggul karena kondisinya yang memprihatinkan," ujar Irwan.
Menurut Irwan, selama ini tanggul yang ada hanya menggunakan karung pasir karena tanggul yang ada pun jebol pada banjir 2007 dan perbaikan pada tahun 2008 belum selesai.
Selain untuk pembangunan tanggul, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk manajemen dataran banjir di daerah Bojonegoro. "Kita akan bangun area evakuasi banjir dan jalan akses evakuasi," kata Irwan.
Menurut Irwan, masyarakat sekitar selama ini hanya tinggal di pinggiran jalan dengan kondisi yang tidak memadai selama banjir. Oleh karena itu, ia merasakan pentingnya untuk membuat area evakuasi sehingga masyarakat sekitar bisa mendapatkan tempat yang layak selama banjir. Sumber Kompas.com
wah semoga ini bisa bener terwujud....kasihan to setiap musim hujan harus selalu was-was.


0 komentar:

Posting Komentar