1.21.2009

Kirab Pusaka

.

Acara kirab pusaka Mangkunegaran dilaksanakan pada hari Minggu 18 jan 2009, dan ternyata hari ini (kemarin lusa). itu terjadi pada hari minggu waktu aku kegiatan jalan pagi sama adji dan ibu_nya, pas sampai di depan pendopo kabupatan kok ada spanduk dan ternyata ada acara tahunan yang memang rutin di adakan oleh pemerintah kabupaten Wonogiri yang demi melestarikan kebudayaan daerah sebagai media untuk memperkuat budaya nasional. Acara kirab pertama di mulai dengan mengumpulkan jenis pusaka yang akan di kirab untuk di jamas. Ada sebagian pusaka yang di simpan di Tugu Ireng yang letaknya ada di depan Kantor Kecamatan Selogiri, semua di kumpulkan dulu di pendopo kemudian di kirab melalui sepanjang jalan protokol di Wonogiri.
Acara kirab sendiri di meriahkan oleh Marching Band, tari topeng ireng, reog dan beberapa kesenian lainnya demi meriahnya acara kirab pusaka tersebut. Di tengah iring-iringan tersebut, terdapat beberapa pusaka yang akan dijamas di Waduk Gajah Mungkur, yakni Kiai Totog, Kiai Jaladara, Kiai Karawelang, Kiai Limpung, Kiai Semar Tindandhu, Kiai Alap-alap, Kiai Bancak dan gong Kiai Mendung Eka Daya Wilaga. Acara kirab berakhir di Obyek Wisata Waduk Gajah mungkur, Ki Dalang Sutino memainkan wayang dengan lakon Murwakala sebagai tanda dimulainya jamasan pusaka.
Sementara untuk acara hari besuk 22 januari 2009, ada acara yang memang sudah di agendakan yaitu Gelar Wisata Budaya Larung Ageng di Pantai Sembukan, Kecamatan Paranggupito. Untuk acara Larung Ageng karena aku sendiri belum pernah ikut atau melihat jadi belum bisa cerita.....
itu dulu ya... sebetulnya aku akan upload kemarin minggu tapi berhubung suatu hal ya baru kali ini...
Silakan berkunjung ke Wonogiri....demi meriahnya acara Gelar Wisata Budaya, nggak tahun ini ya tahun depan masih ada kok ....insya Allah, amin.


4 komentar:

ayuzuricha mengatakan...

waduh wonogiri jauh tuh mas, gak ada sodara lagi :P

Atca mengatakan...

aku beberapa kali lewat lhoh ke wonogiri kalo pas pulkam...paling mampir brenti kalo beli makan...lain kali posting tentang tempat2 makan yg enak diwonogiri yah..biar kalo cari makan ada reverensinya he..he..

Lyla mengatakan...

wah... saya gak nonton...acara yang sama di jogja saya juga gak nonton... kuper banget hehehe...

Ely mengatakan...

blom pernah ke wonogiri nih aku

Posting Komentar