12.04.2008

Hore....Premium turun

.


Siapa sih yang gak seneng denger kalau harga BBM mau turun, meski baru di janjikan saja udah seneng, apalagi seperti sekarang...sudah turun beneran. Dan ini di perkirakan akan turun juga harga-harga pokok lainnya. semoga saja ini benar-benar akan turun harga sembako juga sehingga masyarakat Indonesia merasa lebih nyaman dalam menjalani kehidupan ini.
Kebijakan pemerintah menurunkan harga BBM bersubsidi jenis premium diperkirakan berdampak positif mengurangi tekanan harga kebutuhan pokok, terutama di bulan Desember yang menurut pola tahunannya relatif tinggi.
Demikian dikemukakan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dalam keterangan tertulis pada rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis (4/12). "Penurunan harga bensin juga dapat menurunkan biaya produksi dan meningkatkan utilitas sektor transportasi yang pada gilirannya akan mendukung kelancaran distribusi barang dan jasa," kata Mari.
Dia mengatakan, pemerintah akan senantiasa mengendalikan stabilitas harga, terutama untuk kebutuhan pokok masyarakat, serta berupaya menjaga kelancaran distribusi dan ketersediaannya, antara lain dengan paket kebijakan pangan pokok. "Kebijakan itu antara lain peningkatan PE CPO pada saat harga tinggi (yang kemudian diturunkan saat harga rendah), verifikasi perdagangan CPO antarpulau, penurunan tarif bea masuk kedelai dan gandum, penurunan PPh impor kedelai, gandum, dan terigu," kata Mari.
Selain itu, pemerintah juga menanggung PPN untuk minyak goreng, subsidi minyak goreng dan kedelai, serta kebijakan operasi pasar. "Pemerintah juga serius memantau dan menjaga ketersediaan bahan pokok, baik melalui Bulog maupun pelaku usaha swasta, serta memperbaiki koordinasi dalam distribusi barang, baik sistemnya maupun infrastrukturnya," katanya.



0 komentar:

Posting Komentar